Sabtu, 26 Februari 2011

Semua, seluruh, segala, sekalian, dan segenap


Kata semua, seluruh, segala, sekalian, dan segenap memiliki persamaan dan perbedaan arti. Persamaan arti menyebabkan kata itu dapat saling dipertukarkan, sedangkan perbedaan arti menyebabkan kata itu tidak dapat saling dipertukarkan.
            Kata semua  bermakna setiap anggota terkena atau termasuk dalam hitungan. Makna itu terlihat pada contoh berikut ini.
(1)  Semua warga kota diungsikan
Kata seluruh juga mengandung makna bahwa setiap anggota termasuk dalam hitungan, tetapi dalam pengertian kelompokan atau kolektif. Kalimat di atas dapat diubah dengan mempertukarkan kata semua dengan seluruh seperti berikut. 
(2)  Seluruh warga kota diungsikan.
Kata tetapi, pada dua kalimat berikut pemakaian kedua kata itu memiliki makna yang berbeda.
(3)  *Semua bangsa Indonesia menjunjung bahasa persatuan.
(4)  Seluruh bangsa Indonesia menjunjung bahasa persatuan.
Perbedaan itu terjadi karena pemakaian kata semua ditekankan pada jumlah yang banyak, sedangkan pemakaian kata seluruh ditekankan pada satu benda yang merupakan kesatuan yang utuh. Bangsa Indonesia pada kalimat (3) dan (4) jumlahnya hanya satu. Oleh karena itu, pengguna kata seluruh pada kalimat itu lebih tepat daripada kata semua. Hal itu nyata juga pada perbandingan berikut.
(5)  Semua ruangan akan di bersihkan dan dicat lagi.
(6)  Seluruh ruangan akan dibersihkan dan dicat lagi.

Semua ruangan menyiratkan makna adanya beberapa ruangan.
Sementara itu, seluruh ruangan pada kalimat (6) mengandung pengertian adanya satu ruangan yang semua begiannya dibersihkan dan dicat lagi. Makna ‘semua bagian’ juga terlihat pada kalimat berikut.
(7)  Seluruh tubuhnya terkena tumpahan minyak.
Dalam kalimat itu kata seluruh tidak dapat ditukar dengan semua.     
     
Kata segala menyatakan makna ‘semua macam’. Jadi, kata itu dipakai untuk mengacu pada benda yang beraneka ragam. Pada kaliamat berikut kata segala dan semua dapat dapat dipertukarkan, tetapi ada sedikit perbedaan makna.
(8)  Dewi ingin memiliki segala bunga yang terdapat di kebun itu.
(9)  Dewi ingin memiliki semua bunga yang terdapat di kebun itu.

Kalimat (8) menyiratkan pengertian bahwa di kebun itu ada berbagai jenis bunga. Kalimat (9) mengandung dua pengertian: mungkin satu jenis bunga yang ada di kebun itu atau mungkin pula ada berbagai jenis.
Jika benda yang ditunjuk kata segala tidak beragam, penggunaanya akan janggal, seperti terlihat pada kalimat berikut.
(10)       *segala siswa kelas IX akan menghadapi ujian nasional.
Kata sekalian menyatakan keserentahan. Kata itu hanya digunakan untuk mengacu pada orang atau pada manusia. Hal itu terlihat pada kejanggalan pemakaiannya dalam kalimat berikut ini.
(11)       *sekalian meja akan diangkut ketempat lain
Kata sekalian diperlukan dengan semua seperti pada kalimat berikut.
(12)   Sekalian orang diruangan itu menengok kepadanya.
(13)   Semua orang diruangan itu menengok kepadanya.
Kata segenap menyatakan makna ‘semua’, tetapi dalam pengertian kelengkapan. Dalam hal ini maknanya mirip dengan kata seluruh.
(14)       Segenap bangsa Indonesia menjunjung bahaa persatuan.
Perbedaannya dengan kata seluruh ialah bahwa kata ini biasanya diikuti oleh kata yang mengatakan manusia. Kalimat berikut ini tidaklah lazim.
(15)       *kita akan melindungi segenap binatang dari kepunahan.
(16)       *segenap tubuhnya terkena tupahan minyak.

3 komentar:

  1. Wah Bagus juga blognya bapak!pak tolong di cek blog saya di http://warpissdwi.blogspot.com/ apakah masih kekurangan dalam penggunaan bahasa yang baik?

    BalasHapus
  2. Maaf, saya baru berkesempatan membuka kembali blog ini karena berbagai kendala teknis. Saya akan segera mampir ke blog Anda. Terkait dengan permintaan Anda dan hemat saya, tidak ada yang sempurna di bumi ini, jadikan kekurangan itu sebagai batu pemicu untuk mencapai kesempurnaan. Ingat..! Hidup ialah akibat

    BalasHapus
  3. kesimpulan sederhana yang bisa saya tarik dari penjelasan di atas ialah " tidak ada kata dlam bahasa indonesia yg memiliki makna atau asosiasi mutlak sama" pasti ada perbedaannya walaupun itu hanya sedikit..!!

    BalasHapus

Berikan tanggapan Anda di sini!